4 Tips Menjaga Agar Kulit Tetap Sehat Sampai Tua

Menjaga dan merawat kesehatan kulit sangat penting untuk dilakukan. Karena jika tidak dirawat, berbagai masalah kulit dan tanda-tanda penuaan akan terjadi. Jika hal ini sudah terjadi, maka akan lebih sulit lagi untuk diatasi. Sehingga, sangat penting untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit  sejak dini agar tetap sehat hingga tua. Karena kulit yang awet muda tidak akan didapat dengan sendirinya. Dibutuhkan perawatan yang tepat  agar kulit tetap sehat hingga tua. Lalu, bagaimana cara merawatnya? Simak informasinya di bawah ini.

1. Melakukan Perawatan Kulit Sejak Dini

Memulai untuk merawat kulit sebaiknya tidak menunggu usia semakin menua, misalnya saat memasuki usia 30 tahun. Merawat kulit harus dimulai sejak dini. Para wanita sebaiknya memulai untuk merawat kulit tetap sehat sejak usia 20 tahun menurut para ahli. Sehingga, dengan melakukan dasar perawatan ini maka akan membentuk keadaan kulit saat tua nantinya.  

2. Merawat Kulit Wajah Sejak Usia 20

Saat usia 20-an, kamu tidak perlu melakukan perawatan kulit yang sulit dan merepotkan. Perawatan kulit yang penting dilakukan di usia ini yaitu perawatan dasar seperti membersihkan, melembabkan dan melindungi. Cukup bersihkan wajah sebanyak dua kali sehari. Cara ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan kulit wajah.

Sebagian besar wanita memiliki kulit wajah yang berminyak, hal ini tidak berarti bahwa kamu harus menggunakan pembersih yang nantinya akan membuat kulit menjadi kering dan kesat. Sodium lauryl sulfate adalah kandung yang terdapat pada pembersih yang membuat kulit kesat. Jika hal ini terus dilakukan, maka kulit bisa menjadi kering bahkan iritasi.

konsultasi dokter kulit

Tidak hanya membersihkan wajah dan menggunakan pelembab, ritual yang wajib dilakukan di pagi hari saat memasuki usia 25 tahun yaitu menggunakan tabir surya. Penggunaan tabir surya sangat penting karena kulit yang terkena paparan sinar matahari secara langsung bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan dini misalnya seperti garis-garis halus dan kulit kering. Tidak hanya ritual pagi, ritual malam juga penting dilakukan yaitu dengan menggunakan krim pelembab sesuai jenis kulit. Penggunaan scrub sebagai perawatan mingguan juga penting untuk pengelupasan kulit mati.

3. Merawat Kulit Saat Usia 30 Tahun

            Saat memasuki usia 30 tahun, perawatan dasar kulit yang dilakukan pada usia 20 tahun tidak boleh ditinggalkan seperti menggunakan pembersih, pelembab dan pelindung kulit. Tetapi sebagian wanita mungkin akan mengalami perubahan jenis kulit misalnya dari berminyak menjadi kering. Sehingga, produk perawatan wajah yang dipilih pun harus menyesuaikan.

            Saat usia terus bertambah, gunakan tabir surya yang mengandung SPF lebih tinggi contohnya tabir surya yang mengandung SPF 30 sampai 50, penggunaan pelembab yang mengandung anti penuaan juga disarankan. Kandungan berupa retinoid dan retinol adalah turunan vitamin A yang paling dikenal sebagai kandungan yang bisa mencegah penuaan dini. Retinol merupakan kandungan yang lebih ringan daripada retinoid, sehingga retinoid hanya boleh digunakan setelah mendapatkan saran dan konsultasi dokter kulit.

            Bagi kamu yang memiliki kulit kering, maka krim yang mengandung asam hialuronat bisa digunakan. Karena krim ini bermanfaat untuk melembabkan kulit serta merangsang produksi kolagen sehingga dapat menjaga kulit tetap kenyal. Sedangkan bagi kamu yang memiliki masalah dengan bekas jerawat dan flek hitam maka krim yang mengandung niasinamid sangat cocok untuk dipilih.

            Penggunaan krim alpha hydroxy acid (AHA) sangat cocok untuk mengatasi kulit kusam. Kandungan ini adalah eksfoliator lembut yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan penggunaan krim ini, maka serum dan krim yang digunakan bisa diserap dengan baik oleh kulit. Sedangkan masalah berupa peradangan kulit dan kemerahan, memperbaiki kerusakan karena sinar matahari dan meningkatkan produksi kolagen bisa diatasi dengan kandungan antioksidan dan vitamin C.

4. Menjaga kulit Untuk usia 40 tahun ke atas

            Elastisitas dan kelembaban kulit akan semakin berkurang saat usia terus bertambah. Sehingga hal ini membuat kemampuan untuk memperbarui kulit semakin berkurang. Sehingga, perawatan yang dilakukan harus lebih ekstra. Produk perawatan kulit yang mengandung pelembab penting untuk dipilih saat seseorang memasuki usia 40 tahun ke atas seperti krim malam, tabir surya, serum, pembersih dan sabun. Memilih untuk melakukan konsultasi dokter kulit di Klikdokter bisa dilakukan saat perawatan AHA sudah tidak cukup untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Di usia 40 tahun ke atas, flek hitam akan semakin bermunculan. Untuk mengatasi kondisi ini, terapi laser bisa dipilih.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>